Cara Jitu Hilangkan Komedo Membandel

Klinik kecantikan di Jakarta – Cara Untuk Mengatasi Komedo

 

Pure Laser Clinic – Komedo termasuk masalah kulit yang umum selain jerawat. Berbeda dengan jerawat yang muncul akibat peradangan pada kulit, komedo muncul akibat folikel rambut tersumbat. Komedo ditandai dengan benjolan kecil pada permukaan kulit, biasanya di area dahi, hidung, dan dagu atau dikenal dengan “zona T” wajah. Namun, tidak menutup kemungkinan komedo muncul di area punggung, leher, lengan, bahu, dan dada.

Perlu diketahui bahwa komedo yang muncul bisa berwarna putih dan hitam. Komedo berwarna putih jika kulit di sekitar pori-pori yang tersumbat menutup, sehingga sel kulit mati tidak bereaksi dengan oksigen. Sedangkan komedo hitam terbentuk jika benjolan yang muncul terpapar oksigen dan udara kotor.

Lantas, Apa yang Harus Dilakukan untuk Mengatasi Komedo?

Meksi sudah hilang, komedo bisa muncul lagi. Hal ini tidak jarang membuat sebagian orang kewalahan menghadapi komedo yang hilang-muncul. Pasalnya jika dibiarkan, komedo bisa meradang dan berkembang menjadi jerawat. Duh! Makanya bagi kamu yang sedang berjuang melawan komedo membandel, coba beberapa cara ini.

1. Perawatan di Rumah

Kalau bintik komedo mulai muncul, coba atasi dulu dengan rutin membersihkan wajah. Gunakan air hangat dan sabun berbahan ringan, lalu bilas wajah hingga bersih. Setelahnya, oleskan krim atau gel yang mengandung asam salisilat, benzoyl peroxide, ataupun resorcinol yang ampuh membunuh bakteri, mengeringkan minyak berlebih, dan membantu proses pengelupasan sel kulit mati.

2. Angkat Komedo Secara Manual

Maksudnya, kamu bisa mengangkat komedo membandel menggunakan alat khusus yang terbuat dari logam dengan lingkaran kecil di bagian ujungnya. Alat ini bisa kamu beli di toko kecantikan. Pastikan alat yang digunakan dalam keadaan bersih. Atau, kamu bisa membeli pore pack yang ditempelkan di hidung. Sebaiknya cuci tangan pakai sabun terlebih dahulu sebelum mengangkat komedo secara manual dan bersihkan wajah setelahnya.

3. Pakai Obat Resep Dokter

Sebenarnya sudah banyak obat jerawat atau komedo yang dijual bebas di pasaran. Namun dibandingkan obat resep dokter, khasiatnya kurang efektif dalam mengatasi komedo membandel. Biasanya dokter meresepkan tretinoin, adapalene, dan tazarotene yang mengandung vitamin A. Obat tersebut bekerja dengan mencegah penyumbatan pada folikel rambut dan mempercepat pergantian sel kulit baru yang sehat. Pada kasus komedo yang disertai kista jerawat dan bisul, dokter mungkin meresepkan obat dengan kandungan benzoyl peroxide dan antibiotik.

4. Mikrodermabrasi

Mikrodermabrasi dilakukan untuk membersihkan kulit dari sumbatan penyebab komedo. Teknik ini menggunakan alat khusus seperti tabung bertekstur kasar pada permukaannya. Selain mengatasi komedo membandel, mikrodermabrasi juga bisa memperbaiki kulit, meremajakan wajah, dan mengatasi flek hitam di wajah.

5. Chemical Peels

Sesuai dengan namanya, teknik ini menggunakan bahan kimia untuk mengangkat sel kulit mati penyebab komedo. Hasil akhirnya berupa sel kulit baru yang lebih halus dan kenyal. Metode ini banyak digunakan untuk mengatasi komedo membandel, bekas jerawat, flek hitam, keriput, dan hiperpigmentasi kulit akibat paparan sinar UV matahari.

6. Perawatan Laser & Comedone Facial

Perawatan laser di klinik kecantikan di Jakarta bisa Kamu andalkan untuk mengatasi komedo membandel dan jerawat tanpa merusak permukaan kulit paling luar. Perawatan ini menggunakan energi sinar yang bisa menurunkan produksi minyak berlebih pada kulit dan membunuh bakteri penyebab komedo. Selain itu, Kamu bisa melakukan comedone facial untuk menghilangkan komedo dan membuang sel-sel kulit mati. Perawatan ini bisa kamu dapatkan di klinik kecantikan di Jakarta atau pergi ke Pure Laser Clinic.

Tinggalkan Balasan