Flek Hitam Mendadak Muncul di Wajah, Apa Sebabnya?

Klinik kecantikan di Jakarta : Penyebab Munculnya Flek Hitam di Wajah

 

Pure Laser Clinic – Sebagian orang memiliki bintik kecokelatan di wajah sejak lahir. Namun bagi sebagian yang lain, bintik kecokelatan di wajah muncul tanpa disadari. Kondisi ini dikenal sebagai flek hitam yang seringkali dikaitkan dengan tanda penuaan. Padahal sebenarnya, flek hitam tidak melulu karena faktor penuaan.

Mengapa Flek Hitam Muncul?

Flek hitam muncul bukan tanpa sebab. Pasalnya, kemunculan flek hitam disebabkan karena meningkatnya produksi melanin, terutama setelah terpapar oleh sinar UV matahari. Perlu diketahui bahwa melanin adalah pigmen yang menentukan warna kulit, mata, dan rambut manusia. Area kulit dengan banyak melanin cenderung berwarna lebih gelap dibanding warna kulit di sekitarnya, sehingga tampak seperti bintik-bintik.

Apakah hanya faktor paparan sinar UV matahari saja? Jawabannya, tentu tidak. Peningkatan produksi melanin juga berkaitan dengan faktor genetik. Orang dengan kulit putih dan berambut pirang lebih mungkin memiliki flek hitam pada kulitnya.

Flek Hitam Muncul, Harus Apa?

Bagi sebagian orang, flek hitam bisa menurunkan rasa percaya diri. Tak heran jika mereka akan melakukan berbagai cara untuk menghilangkan atau sekadar menyamarkan flek hitam di wajah. Jika kamu memiliki flek hitam dan ingin menyamarkannya, coba lakukan hal berikut:

1. Krim Pemutih

Beberapa orang menggunakan krim putih untuk memudarkan flek hitam. Sebelum menggunakannya, lebih baik jika kamu berbicara pada dokter kulit dan kecantikan terlebih dahulu untuk mengurangi risiko efek samping. Pasalnya pada kasus tertentu, krim pemutih yang digunakan sembarangan berpotensi menyebabkan peradangan, kulit kering, kulit seperti terbakar, perubahan warna kulit, atau kulit terkelupas.

2. Peeling

Peeling menggunakan cairan kimia yang mengandung asam glikolat atau asam trikloroasetat yang berfungsi untuk mengangkat sel-sel kulit mati, sehingga merangsang regenerasi kulit baru yang lebih halus dan sehat. Tindakan ini bisa dilakukan di klinik kecantikan di Jakarta.

3. Terapi Laser

Terapi laser bisa dilakukan di klinik kecantikan di Jakarta seperti Pure Laser Clinic. Pasalnya, Pure Laser Clinic menyediakan perawatan laser yang mampu mengatasi pigmentasi, termasuk menyamarkan flek hitam di wajah. Perawatan yang dimaksud adalah Photo Laser yang bisa dikombinasikan dengan Photo Shower dan Skin Resurfacing Laser.

Adakah cara untuk mencegah kemunculan flek hitam faktor non-genetik? Tentu ada. Caranya dengan rutin menggunakan tabir surya minimal SPF 30 saat beraktivitas di luar ruangan, terutama pada pukul 10.00-14.00 siang. Oleskan tabir surya ulang tiap dua jam sekali agar perlindungan kulit dari paparan sinar UV matahari maksimal. Bila perlu, gunakan topi, pakaian tertutup, kacamata hitam, atau payung untuk mengurangi paparan sinar UV matahari ke kulit.

Tinggalkan Balasan