Cara Atasi Pigmentasi

Ganggu Penampilan, Begini Cara Atasi Pigmentasi Kulit

Punya kulit belang karena berbeda warna seringkali menurunkan rasa percaya diri. Makanya banyak orang berusaha merawat kesehatan kulit, mulai dari pergi ke salon kecantikan atau perawatan mandiri di rumah. Keduanya boleh dilakukan asal tidak sembarangan. Pasalnya kulit adalah organ tubuh terluar yang kerusakannya bisa dilihat secara kasat mata.

Masalah kulit yang menjadi keluhan umum adalah perubahan warna akibat terjadinya pigmentasi. Kondisi ini membuat kulit lebih gelap (hiperpigmentasi) atau lebih terang (hipopigmentasi). Keduanya sama-sama tidak diinginkan karena membuat warna kulit menjadi berbeda dibandingkan kulit asli. Lantas, apa yang harus dilakukan jika pigmentasi kulit telanjur terjadi? Ini jawabannya.

  1. Gunakan Tabir Surya

Pilih tabir surya SPF 30 atau lebih tinggi. Sebaiknya oleskan tabir surya 15-30 menit sebelum beraktivitas di bawah sinar matahari dan ulangi tiap dua jam sekali agar perlindungannya maksimal. Perlu diingat bahwa penggunaan tabir surya harus disesuaikan dengan kondisi kulit.

  • Kulit kering, disarankan memilih tabir surya berbentuk krim, salep, atau losion yang mengandung minyak, lanolin, atau dimethicone.
  • Kulit berminyak dan berjerawat, pilih tabir surya yang bebas kandungan minyak (oil-free).
  • Kulit sensitif, hindari penggunaan tabir surya yang mengandung pengawet dan wewangian.
  • Kulit berbulu, hindari tabir surya berbentuk krim karena bisa menempel pada bulu halus di kulit. Disarankan untuk memilih yang berbentuk gel atau semprot.
  • Kulit gelap, gunakan tabir surya SPF minimal 15. Hindari tabir surya berbahan titanium dioksida karena membuat kulit tampak pucat.

Selain pakai tabir surya, kamu juga dianjurkan untuk menggunakan pelindung seperti topi saat beraktivitas di luar ruangan. Lakukan cara ini untuk melindungi kulit, terutama dari paparan sinar UV matahari pukul 10.00 – 14.00 siang.

  1. Konsumsi Makanan Bergizi Seimbang

Perlindungan kulit tidak cukup hanya dari luar. Maka itu, kamu dianjurkan untuk melindungi kulit dari dalam dengan konsumsi makanan bergizi seimbang seperti buah dan sayuran. Pasalnya kedua jenis makanan tersebut mengandung vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan kulit. Kamu bisa konsumsi secara utuh, diolah menjadi jus, atau dijadikan masker wajah untuk mengatasi pigmentasi kulit. Selain makanan, kamu bisa membuat masker wajah dari lidah buaya. Caranya cukup dengan mengoleskannya secara langsung ke wajah yang mengalami pigmentasi.

  1. Perawatan Medis untuk Pigmentasi

Perawatan medis dilakukan jika pigmentasi tergolong parah, terdiri dari:

  • Chemical peels. Selama prosedur, larutan kimia diterapkan pada area kulit yang dirawat hingga terkelupas. Prosedur ini menghasilkan kulit baru yang lebih halus.
  • Intense pulse light (IPL), jenis terapi cahaya yang bisa menembus ke bawah lapisan kulit kedua (dermis) tanpa merusak lapisan atas (epidermis).
  • Mikrodermabrasi, prosedur perawatan dan peremajaan kulit wajah yang dilakukan melalui teknik pengelupasan kulit mati.
  • Laser wajah. Prosedur dilakukan dengan mengarahkan sinar laser pada kulit yang mengalami pigmentasi. Sinar ini menghancurkan lapisan kulit terluar dan di saat yang bersamaan memanaskan kulit bagian dalam, sehingga serabut kolagen mengecil. Kulit baru nantinya tubuh lebih halus dan kencang. Perawatan ini bisa kamu dapatkan Pure Laser Clinic atau klinik kecantikan terdekat.

Tinggalkan Balasan