Ganggu Penampilan, Ini Cara Cegah Timbulnya Komedo

Klinik kecantikan di Jakarta Selatan – Cara Mencegah Timbulnya Komedo

 

Pure Laser Clinic – Komedo banyak muncul di area zona T wajah, yakni hidung, dahi, dan dagu. Bagi sebagian orang, kemunculan komedo membuat khawatir karena seringkali, komedo meradang dan berkembang menjadi jerawat. Bahkan setelah dihilangkan, komedo tetap bisa muncul kembali dan mengganggu penampilan. Maka itu, cara terbaik mengatasi komedo adalah dengan mencegah kemunculannya.

Komedo muncul akibat sumbatan pada pori-pori kulit. Jika terpapar udara kotor, komedo putih (whiteheads) akan berubah menjadi hitam (blackheads). Meski sering hilang-muncul, kamu bisa mencegah timbulnya komedo dengan beberapa cara ini.

1. Cuci Muka Secara Teratur

Terutama setelah pakai make up dan sebelum tidur. Hal ini membantu mencegah penumpukan minyak dan kotoran di wajah yang sering menjadi pemicu timbulnya komedo. Bersihkan wajah dengan sabun cuci muka sesuai jenis kulit dan bilas hingga bersih. Usahakan untuk tidak mencuci muka lebih dari dua kali dalam sehari karena bisa membuat kulit kering dan terjadi iritasi pada kulit.

2. Gunakan Tisu Penyerap Minyak

Mungkin kamu pernah melakukannya karena tisu penyerap minyak banyak dijual bebas. Produk ini membantu menyerap minyak dan keringat berlebih pada kulit yang sering menjadi pemicu timbulnya komedo dan jerawat.’

3. Jaga Kebersihan Tangan dan Kuku

Apa kaitannya? Kamu perlu tahu kalau tangan adalah sumber bakteri karena tiap harinya, tangan digunakan untuk beraktivitas dan menyentuh banyak benda. Bakteri yang ada di tangan bisa masuk lewat pori-pori kulit wajah dan memicu timbulnya komedo hingga jerawat. Maka itu, kamu dianjurkan untuk mencuci tangan pakai sabun sebelum menyentuh wajah, termasuk saat hendak menggunakan make up atau membersihkan wajah. Pastikan juga kuku rutin dipotong karena bakteri bisa menjadi tempat bakteri bersembunyi.

4. Gunakan Produk Sesuai Jenis Kulit

Jangan asal pilih produk kecantikan! Sebaiknya sesuaikan dengan kondisi dan jenis kulit. Bila perlu, tanyakan jenis kulit kamu pada dokter spesialis kecantikan. Penggunaan produk kecantikan yang tepat membantu menjaga kesehatan kulit wajah, termasuk mencegah timbulnya komedo, jerawat, flek hitam, hingga keriput.

5. Lakukan Eksfoliasi Kulit

Eksfoliasi kulit dilakukan untuk mengangkat sel kulit mati. Lakukan secara rutin tapi tidak terlalu sering, setidaknya 1-2 kali seminggu. Kamu bisa melakukannya dengan membeli produk scrub wajah yang dijual bebas. Atau, lakukan facial, mikrodermabrasi, ataupun chemical peeling di klinik kecantikan terdekat.

6. Perhatikan Pola Diet

Makanan yang kamu konsumsi bisa memengaruhi kondisi kulit. Makanya, pola diet perlu diperhatikan untuk mencegah timbulnya komedo dan jerawat. Salah satunya dengan mengurangi konsumsi produk olahan susu dan daging. Hindari juga makanan berlemak dan gula tinggi karena memperlambat regenerasi kulit, sehingga sel kulit mati rentan menumpuk.

7. Jaga Hidrasi Kulit Dengan Perawatan Laser

Caranya dengan perbanyak minum air putih dan konsumsi makanan berserat, seperti buah dan sayuran, hingga perawatan laser secara rutin di klinik kecantikan di Jakarta Selatan. Perawatan ini mampu meningkatkan hidrasi kulit dengan Photo Laser, Rejuvenation Oxy Infusion, dan Hydrating & Soothing Mask. Hidrasi yang baik membantu menjaga kesehatan dan kelembapan kulit sehingga mencegah timbulnya komedo dan jerawat. Kunjungi klinik kecantikan di Jakarta Selatan seperti Pure Laser Clinic.

Tinggalkan Balasan