Kulit Berminyak Rentan Jerawatan, Coba Facial Wash Ini

Klinik kecantikan di Surabaya : Facial Wash yang Cocok Untuk Berbagai Jenis Kulit

 

Pure Laser Clinic – Cuci muka harus dilakukan dengan benar untuk menghilangkan minyak dan kotoran pada wajah secara menyeluruh. Salah satunya adalah dengan memiliki produk sabun pembersih wajah (facial wash) sesuai jenis kulit. Pasalnya, setiap orang memiliki jenis kulit berbeda yang perlu mendapatkan perawatan khusus, khususnya bagi pemilik kulit berminyak yang rentan jerawatan.

Facial Wash yang Cocok Bagi Kulit Berminyak

Ciri khas kulit berminyak adalah produksi minyaknya yang berlebih sehingga membuat kulit tampak mengkilat, memiliki pori-pori besar, dan terasa lebih cepat kotor. Hal inilah yang membuat pemilik kulit berminyak rentan jerawatan jika tidak merawat wajah dengan telaten. Nah, bagi pemilik kulit berminyak, sebaiknya pilih facial wash dengan kandungan berikut:

  • Hyaluronic acid, berfungsi melembapkan tanpa membuat kulit terasa berat.
  • Niacinamide, efektif menyerap minyak sehingga kulit terasa lebih kering. Kandungan ini juga bisa merangsang produksi kolagen alami dan menyamarkan pori-pori besar.
  • Retinol, zat turunan vitamin A yang berfungsi menyamarkan keriput dan mengatasi hiperpigmentasi. Kandungan ini juga merangsang produksi kolagen dan mengencangkan pori-pori, serta mengendalikan produksi minyak pada wajah.
  • Asam salisilat. Berfungsi menyerap minyak di dalam pori-pori, sehingga ukurannya lebih kecil dan bebas minyak.
  • Asam glikolat. Berfungsi untuk mengurangi kelebihan minyak, mencegah penyumbatan pori-pori, menjaga kelembapan kulit, dan merangsang pengelupasan sel-sel kulit.

Pemilik kulit berminyak perlu menghindari facial wash yang mengandung minyak mineral, petrolatum, dan petroleum. Kandungan tersebut bersifat comedogenic yang berpotensi menyumbat pori-pori dan meningkatkan risiko jerawat. Jika kulit kamu berjerawat, gunakan facial wash berbentuk gel atau losion yang mengandung bahan anti jerawat.

Facial Wash untuk Jenis Kulit Lain

Jenis kulit lain, seperti normal, kering, sensitif, dan kombinasi, juga perlu mempertimbangkan beberapa hal sebelum menggunakan facial wash. Berikut kandungan facial wash yang sebaiknya digunakan sesuai jenis kulit:

1. Kulit Sensitif

Ciri khas kulit sensitif adalah kulit terasa kencang, terutama setelah menggunakan sabun pembersih wajah. Jenis kulit ini juga lebih rentan mengalami kekeringan yang bisa berkembang menjadi dermatitis. Pemilik kulit sensitif disarankan untuk menggunakan facial wash yang bebas sabun atau deterjen, berlabel hypoallergenic, tanpa pewangi, dan hindari produk berbahan iritatif (seperti sulfat dan alkohol).

2. Kulit Kering

Kulit kering terjadi akibat rendahnya kandungan pelembap di lapisan luar sel kulit. Ciri khas kulit kering adalah tekstur yang kurang lentur, terasa kasar, pecah-pecah, dan garis wajah terlihat jelas.  Jika salah memilih kandungan sabun pembersih wajah, kulit akan terasa tertarik setelah mencuci muka. Maka itu, pemilik kulit kering disarankan untuk memilih produk facial wash yang mengandung gliserin, vitamin E, minyak jojoba, dan urea agar kulit tidak semakin kering. Sebaiknya, hindari produk facial wash yang mengandung deterjen, asam salisilat, asam glikolat, alkohol, pewangi tambahan, dan bahan antibakteri.

3. Kulit Normal

Pilih produk facial wash yang bisa menghidrasi kulit. Jika kulit terasa kering setelah mencuci muka, sebaiknya ganti produk yang formulanya lebih lembut. Misalnya, sabun pembersih wajah yang bertekstur air atau busa. Setelah wajah bersih, oleskan pelembap dan tabir surya minimal SPF 30 untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV matahari.

4. Kulit Kombinasi

Ciri khas kulit kombinasi adalah tekstur berminyak di area T (kening, hidung, dan dagu), tapi area lainnya kering atau normal. Pemilik kulit kombinasi juga mungkin memiliki wajah mengkilap, pori-pori terlihat besar, dan berkomedo. Maka itu, penggunaan facial wash bisa disesuaikan dengan masalah kulit yang dihadapi. Namun secara umum, pemilik kulit kombinasi disarankan untuk memilih produk facial wash bertekstur gel. Hindari produk yang mengandung alkohol, pewangi, dan bersifat antibakteri.

Apapun jenis kulitnya, Kamu bisa konsultasikan ke klinik kecantikan di Surabaya yaitu Pure Laser Clinic. Tersedia facial wash dr puro yang bisa Kamu dapatkan di klinik Kami. Klinik kecantikan di Surabaya yang tersedia di Tunjungan Plaza 6 dan Galaxy Mall 3 Surabaya. Klik Lokasi Pure untuk info lokasi tepatnya.

 

– Klinik kecantikan di Surabaya –

Tinggalkan Balasan