Muncul Komedo di Hidung, Bolehkah Dibiarkan?

Klinik Kecantikan di Jakarta yang Bagus dan Murah : Penanganan Komedo di Hidung

 

Pure Laser Clinic – Komedo dikenal sebagai cikal bakal jerawat. Tak mengherankan, karena kemunculan komedo sering diikuti dengan jerawat. Biasanya komedo muncul di area hidung dagu, sekitar bibir, dan sekitar telinga. Namun, tidak menutup kemungkinan komedo bisa muncul di bahu, dada, punggung, atau lengan.

Berbeda dengan jerawat yang menimbulkan rasa nyeri, komedo justru bisa menyebabkan rasa sakit kecuali jika terjadi infeksi. Sebab saat terjadi infeksi, komedo yang timbul menjadi kemerahan, bengkak, hingga jerawat. Lantas, bolehkah komedo yang muncul dibiarkan begitu saja? Atau perlukah ditangani agar tidak menjadi jerawat?

Ketahui Penyebab Kemunculan Komedo

Komedo muncul ketika sel kulit mati dan minyak berkumpul menyumbat pori-pori. Ada dua jenis komedo yang mungkin kamu miliki, yaitu komedo putih atau komedo hitam. Komedo putih terbentuk ketika pori-pori yang tersumbat dalam keadaan tertutup, sehingga sel kulit mati tidak bereaksi dengan oksigen dan udara di luar. Sedangkan, komedo berubah menjadi hitam ketika permukaan pori-pori terbuka dan terpapar oleh udara luar.

Faktor usia dan perubahan menjadi penyebab utama kemunculan komedo. Faktor usia berkaitan dengan masa pubertas, di mana pada fase hormon androgen akan meningkat serta merangsang produksi minyak dan sel kulit mati lebih banyak. Selain masa pubertas, perubahan hormon juga dipicu oleh siklus haid, kehamilan, dan penggunaan pil KB.

Faktor lain yang menyebabkan timbulnya komedo, antara lain: penggunaan kosmetik yang menutup pori-pori kulit, tubuh mengeluarkan banyak keringat, terlalu kencang saat mencukur hingga membuka folikel rambut di kulit, stres jangka panjang, serta efek samping penggunaan obat steroid seperti kortikosteroid.

Komedo Tidak Boleh Dibiarkan Begitu Saja

Munculnya komedo bisa menjadi tanda adanya penyumbatan pori-pori kulit. Jika dibiarkan, penyumbatan pori-pori bisa berkembang lebih parah karena minyak dan sel-sel kulit mati yang terus menumpuk. Lama-kelamaan, kondisi ini membuat pori-pori kulit menjadi merah dan bengkak hingga terbentuknya jerawat. Lalu, apa yang bisa dilakukan untuk mengatasi komedo?

  • Gunakan clay mask. Jenis masker ini mampu mengangkat kotoran, minyak, sel-sel kulit mati, dan bahan lain yang menyumbat pori-pori. Sebaiknya gunakan clay mask sekali dalam seminggu agar mendapat hasil maksimal.
  • Pakai obat jerawat, terutama yang mengandung asam salisilat, benzoil peroksida, dan resorcinol. Kandungan tersebut bisa membunuh bakteri, mengurangi produksi minyak berlebih, dan menyingkirkan sel-sel kulit mati. Kamu bisa menggunakan obat jerawat dalam berbagai bentuk, termasuk gel, krim, atau ditempel langsung pada kulit.
  • Scrub Cara ini mampu menghilangkan komedo dengan menyingkirkan sel-sel kulit mati yang terjebak di dalam kulit. Saat menggunakannya, pilih produk scrub wajah yang lembut dan berukuran kecil untuk mencegah terjadinya iritasi. Cara ini tidak boleh dilakukan terlalu sering, cukup lakukan seminggu sekali saja.
  • Pergi ke klinik kecantikan di Jakarta yang bagus dan murah seperti Pure Laser Clinic untuk mendapatkan perawatan khusus wajah berkomedo. Di sini, kamu bisa mencoba Pure Comedeno Facial yang mampu mengatasi komedo membandel sekaligus membuat wajah tampak lebih bercahaya dan awet muda, karena dikombinasikan dengan hydrating dan soothing mask saat perawatan.

Bolehkah komedo dikeluarkan secara manual? Boleh, jika dilakukan oleh dokter kulit dan kecantikan. Mengeluarkan komedo secara paksa dan sembarangan justru bisa meningkatkan risiko iritasi yang lebih parah pada kulit. Sebaiknya serahkan masalah komedo pada klinik kecantikan di Jakarta yang bagus dan murah seperti Pure Laser Clinic untuk mendapatkan hasil perawatan yang optimal.

Tinggalkan Balasan