Perawatan Wajah Saat Bulan Ramadhan

Kulit kering menjadi keluhan umum saat puasa. Pasalnya selama puasa, terjadi perubahan pola makan dan tidur yang ikut berpengaruh pada kondisi kulit. Nah, biar kulit tetap flawles dan glowing saat puasa sampai hari Lebaran, ikuti beberapa tips berikut ini untuk perawatan wajah saat bulan ramadhan :

Jaga Asupan Cairan

Tubuh tidak mendapatkan asupan cairan selama kurang lebih 12 jam saat puasa. Hal ini membuat tubuh rentan kekurangan cairan, sehingga menyebabkan kulit kering. Maka itu, pastikan kamu tetap menjaga asupan cairan saat puasa dengan menerapkan pola 2-4-2. Yakni minum dua gelas air putih saat berbuka, empat gelas air putih saat makan malam, dan dua gelas air putih saat sahur. Asupan cairan juga bisa didapat dari konsumsi sup, jus, serta buah dan sayuran.

Konsumsi Buah dan Sayuran

Selain mengandung serat yang mampu menjaga kesehatan saluran cerna selama puasa, buah dan sayuran juga mengandung banyak air sehingga bisa menjaga hidrasi kulit. Beberapa buah yang mengandung banyak air antara lain semangka, stroberi, dan tomat. Makanan sehat lain yang baik untuk kulit dan sebaiknya dikonsumsi saat puasa adalah alpukat, pepaya, paprika merah, labu, kacang-kacangan, bayam, tahu, ikan salmon, ikan tuna, dan jagung.

Menjaga Kebersihan Kulit

Bersihkan wajah untuk menghilangkan kotoran dan bakteri penyebab jerawat, serta menjaga kesehatan kulit. Pilih produk kecantikan (seperti cleanser, toner, facial wash) sesuai jenis kulit dan gunakan secara rutin, terutama pada pagi dan malam hari sebelum tidur.

Gunakan Pelembap

Pelembap digunakan untuk mencegah hidrasi kulit yang menyebabkan kulit kering. Pilih produk pelembap sesuai jenis kulit. Misalnya untuk kulit kering, kamu bisa menggunakan pelembap yang mengandung dimethicone, sodium PCA, shea butter, panthenol, dan cyclopentasiloxane. Kandungan ini dipercaya bisa mengatasi masalah kulit kering, anti radang, dan melindungi kulit dari paparan sinar UV matahari. Bagi pemilik kulit berminyak, kamu bisa menggunakan pelembap berbahan dasar air (water base). Sedangkan bagi pemilik kulit normal, kamu bisa menggunakan pelembap yang mengandung cyclomethicone.

Gunakan Tabir Surya

Gunakan tabir surya minimal SPF 30, oleskan secara merata 30 menit sebelum beraktivitas di luar ruangan, terutama pada pukul 10.00-14.00 siang. Gunakan ulang tiap dua jam sekali agar perlindungannya maksimal. Sebagai perlindungan tambahan dari paparan sinar UV matahari, kamu bisa menggunakan topi, pakaian lengan panjang, atau kacamata hitam.

Cukup Istirahat

Saat puasa, kamu perlu bangun lebih pagi untuk melaksanakan sahur. Maka itu, ada baiknya kamu mengatur kembali waktu tidur agar mendapatkan istirahat yang cukup. Hindari tidur larut malam agar tidak kurang tidur. Durasi tidur ideal bagi orang dewasa adalah 6-8 jam per hari. Tidur cukup membantu melancarkan metabolisme tubuh dan mencegah kulit stres. Alhasil, kulit menjadi sehat dan bebas kusam selama puasa.

Tinggalkan Balasan