Salah Cuci Muka Sebabkan Jerawat, Kok Bisa?

Klinik kecantikan di Jakarta yang bagus dan murah : Alasan Salah Cuci Muka Sebabkan Jerawat

 

Pure Laser Clinic – Cuci muka adalah “ritual” perawatan kecantikan yang penting dilakukan. Hal ini bertujuan untuk mengangkat debu, kotoran, polusi, sel-sel kulit mati, dan minyak yang menumpuk di pori-pori kulit. Jika tidak dilakukan, kebiasaan jarang cuci muka memicu berbagai permasalahan kulit. Mulai dari kulit kusam hingga jerawat.

Alasan Salah Cuci Muka Sebabkan Jerawat

Meski dianjurkan, bukan berarti kamu boleh sembarangan cuci muka. Sebab cuci muka asal-asalan justru bisa memicu jerawat di wajah. Lantas, kesalahan cuci muka apa saja yang bisa menyebabkan kemunculan jerawat?

1. Sembarangan Pilih Produk

Yang perlu diingat, tidak semua produk yang cocok dipakai orang lain memberikan hal serupa di kulit kamu. Makanya kamu nggak boleh pilih produk pembersih wajah sembarangan, lebih baik sesuaikan dengan jenis dan kondisi kulit. Kamu bisa membawa review produk dan label kemasan sebelum membeli produk tertentu.

2. Terlalu Sering Cuci Muka

Cuci muka memang baik dilakukan, tapi bukan berarti kamu boleh melakukannya setiap saat. Kamu hanya dianjurkan untuk cuci muka sebanyak dua kali sehari, yaitu pada pagi hari saat bangun tidur dan malam hari sebelum tidur. Mengapa? Karena terlalu sering mencuci muka justru membuat kulit wajah kering dan rentan iritasi.

Jika kamu hanya beraktivitas di dalam ruangan, tidak berkeringat, dan tidak menggunakan makeup apa pun, cukup bilas wajah dengan air hangat pada malam hari.

3. Cuci Muka Pakai Air Panas

Sebagian orang menganggap kalau air panas mampu membuka pori-pori kulit, sehingga membantu mengeluarkan debu, kotoran, sel-sel kulit mati, dan minyak di kulit wajah. Kalau kamu termasuk yang mempercayai anggapan ini, coba pertimbangkan kembali.

Sebab faktanya, pori-pori kulit tidak memiliki otot untuk membuka dan menutup. Air panas yang digunakan untuk mencuci muka hanya akan membuat kulit kering dan iritasi. Sebaiknya ganti air panas dengan air hangat untuk membersihkan wajah, ya.

4. Terlalu Sering Eksfoliasi

Eksfoliasi memang diperlukan untuk membantu mengangkat sisa debu, kotoran, polusi, minyak, dan sel-sel kulit mati di kulit wajah. Namun sebaiknya, eksfoliasi tidak dilakukan lebih dari tiga kali dalam seminggu. Cukup lakukan 1-3 kali dalam seminggu dan gosok kulit secara perlahan agar tidak menyebabkan iritasi.

5. Membilas Wajah Terlalu Cepat

Agar manfaat cuci muka maksimal, luangkan waktu sekitar dua menit untuk mencuci muka. Setelah menggosokkan produk pembersih wajah, diamkan selama sekitar 20 detik sebelum membilasnya dengan air hangat. Kemudian kamu bisa menepuk-nepuk muka secara lembut dengan handuk bersih untuk mengeringkannya.

Itulah beberapa kesalahan cuci muka yang justru menyebabkan jerawat. Bagaimana jika wajah telanjur berjerawat? Kamu bisa melakukan perawatan khusus wajah berjerawat di klinik kecantikan di Jakarta yang bagus dan murah seperti Pure Laser Clinic. Mengapa?

Pure Laser Clinic menyediakan perawatan kecantikan yang mampu mengatasi berbagai masalah kulit, khususnya jerawat dan bekasnya. Perawatan yang dimaksud meliputi Skin Resurfacing Laser dan Micro Laser. Yuk, rawat kulit dengan perawatan di klinik kecantikan di Jakarta yang bagus dan murah mulai sekarang!

Tinggalkan Balasan