Sering Mencukur Bikin Bulu Tumbuh Lebih Lebat, Benarkah?

Klinik Kecantikan di Jakarta Barat : Fakta Tentang Kebiasaan Mencukur Bulu

 

Pure Laser Clinic – Masih banyak informasi seputar perawatan kulit yang perlu dicari kebenarannya. Termasuk informasi yang mengatakan bahwa mencukur bisa membuat rambut tumbuh lebih tebal dan lebat. Mengapa? Karena faktanya, sering mencukur tidak bikin bulu tumbuh lebih tebal maupun lebat.

Alasan Bulu Tidak Tumbuh Lebat dan Tebal Setelah Dicukur

Seorang spesialis dermatologi dari University of Southern California, dr. Jennifer Wu, mengatakan bahwa rambut halus yang tumbuh dari permukaan kulit sebenarnya merupakan kumpulan sel-sel mati. Kegiatan mencukur hanya mengenai bagian tersebut, tanpa memengaruhi folikel tempat rambut baru tumbuh. Jadi setelah dicukur, rambut halus akan tetap tumbuh dari folikel yang sama.

Tapi, mengapa rambut baru yang tumbuh terasa lebih lebat? Jawabannya karena ujung rambut yang baru dicukur cenderung lebih tajam dibanding rambut yang tumbuh alami. Jadi ketika kamu mengusap permukaan kulit yang baru dicukur, teksturnya seolah tampak lebih lebat dan terasa kasar. Bagaimana dengan kulit yang berwarna lebih gelap setelah dicukur?

Yang perlu diketahui adalah, kulit ketiak menghitam bukan karena kegiatan mencukur. Melainkan akibat penumpukan sel-sel kulit mati atau bahan kimia tertentu dari deodoran yang digunakan. Kulit yang tampak lebih gelap juga mungkin disebabkan oleh folikel rambut yang masih berada di bawah permukaan kulit. Maksudnya ketika tidak dicukur, folikel yang “tersembunyi” membuat kulit tampak lebih gelap, karena warna kulit asli tidak bisa menutupi folikel dengan sempurna.

Sebaiknya Jangan Terlalu Sering Mencukur Bulu di Tubuh

Meski tergolong aman, mencukur bulu tidak boleh dilakukan terlalu sering. Apalagi jika dilakukan sembarangan. Terlalu sering mencukur bulu berisiko membuat kulit menjadi sensitif akibat terus mendapat gesekan dengan pisau tajam. Alhasil, kulit menjadi rentan teriritasi. Selama mencukur, ada pula beberapa hal yang perlu diperhatikan:

  • Pilih pisau cukur yang benar. Beli pisau cukur yang tajam dan bukan untuk sekali pakai.
  • Jadwalkan waktu bercukur. Jangan mencukur dalam keadaan terburu-buru karena meningkatkan risiko iritasi. Para ahli merekomendasikan agar kegiatan mencukur dilakukan pada malam hari.
  • Eksfoliasi terlebih dahulu. Maksudnya, lakukan eksfoliasi kulit untuk menghilangkan bakteri, debu, dan keringat pada kulit sebelum mencukur.
  • Gunakan shaving cream atau gel. Tujuannya agar kulit tidak kering dan menjadi lembap ketika dicukur, sehingga menurunkan risiko iritasi.
  • Bilas pakai air bersih setelah mencukur dan tepuk-tepuk handuk secara perlahan untuk mengeringkannya.

Mencukur Bulu di Klinik Kecantikan di Jakarta Barat

Mencukur bulu memberikan hasil sementara, sehingga perlu dilakukan berulang kali. Bagi kamu yang ingin mendapat hasil permanen, coba datang ke klinik kecantikan di Jakarta Barat seperti Pure Laser Clinic untuk mendapat perawatan khusus menghilangkan bulu yang tidak diinginkan.

Pure Laser Clinic menyediakan perawatan Hair Removal Laser yang mampu merusak folikel rambut dan menghambat pertumbuhan rambut di masa mendatang. Perawatan ini cocok dilakukan bagi kamu yang ingin menghilangkan rambut di ketiak, kaki, tangan, atau bagian tubuh lain yang tidak diinginkan secara permanen.

Tinggalkan Balasan