Suka Begadang? Hati-Hati Bisa Merusak Kesehatan Kulit

Klinik kecantikan di Surabaya yang bagus dan murah : Ketahui dampak kebiasaan begadang bagi kulit dan tips mencegahnya

 

Pure Laser¬† Clinic – Rasa kantuk seringkali datang di sela-sela aktivitas. Namun ketika malam tiba, rasa kantuk mendadak hilang dan membuat sulit tidur. Itu mengapa sebagian orang “terpaksa” begadang karena rasa kantuk tak juga datang, apalagi kalau ditunggu sambil main gadget. Pasalnya, sinar biru dari gadget menghambat produksi melatonin, yaitu hormon yang membantu tubuh mengetahui kapan waktu tidur tiba. Hormon melatonin biasanya dikeluarkan pada saat gelap dan menginstruksikan tubuh untuk segera tidur, salah satu tandanya berupa rasa kantuk.

Dampak Kebiasaan Begadang Bagi Kulit

Kurang tidur akibat begadang bukan hanya menimbulkan rasa kantuk, tapi juga berdampak pada kesehatan tubuh secara menyeluruh, termasuk kesehatan kulit. Sebuah studi dari Swedia menyebutkan bahwa orang yang tidur cukup tampak lebih segar, sehat, dan tidak loyo dibandingkan orang yang hanya tidur 3-5 jam sehari. Melalui penelitian tersebut, bisa disimpulkan bahwa kurang tidur berpengaruh pada kesehatan kulit. Lantas, apa saja dampak kurang tidur bagi kesehatan kulit?

1. Wajah Kusam

Kurang tidur melemahkan sistem kekebalan tubuh, sehingga berpotensi meningkatkan risiko peradangan pada kulit. Akibatnya, kondisi ini berdampak pada produksi kolagen dan asam hyaluronic yang berfungsi mempertahankan kecerahan kulit. Semakin sedikit asam hyaluronic yang dimiliki tubuh, semakin mungkin kulit menjadi kusam.

2. Kantung Mata

Setiap orang memiliki pembuluh darah tipis di area bawah mata. Ketika kamu kurang tidur, pembuluh darah tersebut akan melebar dan menghitam. Semakin sering kamu begadang, semakin besar risiko kamu memiliki kantung mata menghitam.

3. Kulit Berjerawat

Kurang tidur bisa menyebabkan stres tubuh, sehingga produksi hormon kortisol meningkat. Tingginya hormon kortisol membuat tubuh rentan mengalami peradangan, termasuk pada kulit. Salah satu bentuknya adalah jerawat. Hormon kortisol juga bisa meningkatkan produksi minyak di wajah yang akan memperburuk kondisi kulit berjerawat.

4. Penuaan Dini

Pada saat tidur cukup, tubuh akan membentuk kolagen, zat yang berperan dalam menjaga keremajaan kulit. Kolagen mencegah tubuh mengalami penuaan dini dengan cara menghalangi pembentukan kerutan dan garis-garis halus di wajah. Ketika kamu kurang tidur, jumlah kolagen menjadi berkurang, sehingga kamu rentan memiliki keriput di wajah. Akibatnya, kamu akan terlihat tua dibanding usia asli. Bahkan, beberapa studi telah menyebutkan bahwa kebiasaan begadang membuat seseorang tampak lebih tua hingga 10 tahun dari usia aslinya.

Tips Cegah Kebiasaan Begadang

Tidak semua orang menghendaki kebiasaan begadang. Ada yang terpaksa atau telanjur terbiasa melakukannya. Nah, jika kamu merasa sulit menghilangkan kebiasaan begadang, beberapa tips berikut bisa dicoba:

  • Pergi tidur lebih cepat. Hal ini bisa membantu memberi tanda ke tubuh untuk segera tidur. Untuk merangsang rasa kantuk, kamu bisa melakukan beberapa kegiatan seperti membaca buku, mendengarkan lagu, peregangan tubuh, dan cara lain yang bisa memunculkan rasa kantuk.
  • Buat suasana kamar kondusif dan menyenangkan. Misalnya, mematikan lampu kamar dan menggantinya dengan lampu tidur. Kamu juga dianjurkan untuk mematikan semua alat elektronik yang menimbulkan suara (seperti televisi) dan menjauhkan handphone dari jangkauan agar tidur lebih nyaman.
  • Rutin Photo Laser di klinik kecantikan di Surabaya yang bagus dan murah
  • Photo Laser adalah salah satu perawatan unggulan untuk yang bisa mengatasi berbagai masalah pada kulit. Photo Laser mampu menembus lapisan kulit terdalam sekalipun tanpa merusak permukaan kulit sehingga tidak ada efek samping setelahnya. Untuk Kamu yang sering begadang, Kamu bisa rutin melakukan Photo Laser karena bisa merangsang pertumbuhan kolagen dalam tubuh yang bagus untuk kulit. Lakukan Photo Laser di klinik kecantikan di Surabaya yang bagus dan murah seperti Pure Laser Clinic. Untuk harga perawatan ini terjangkau dengan hasil yang maksimal. Kunjungi Pure Tunjungan Plaza 6 & Gallaxy Mall 3 Surabaya untuk mendapatkan promo setiap bulannya.

Tinggalkan Balasan