cegah bibir kering

Tips Cegah Bibir Kering Saat Puasa

Bibir kering dan pecah-pecah adalah keluhan umum saat puasa. Alasannya karena selama puasa, tubuh tidak mendapatkan asupan cairan selama kurang lebih 12 jam. Bibir kering dan pecah-pecah saat puasa juga bisa disebabkan karena faktor cuaca atau sensitif terhadap makanan tertentu. Lantas, bagaimana tips cegah bibir kering saat puasa?

Cara Mencegah Bibir Kering Saat Puasa

Cegah bibir kering dan pecah-pecah saat puasa bisa dengan cara berikut:

  • Perbanyak minum air putih dengan menerapkan pola 2-4-2. Yakni minum dua gelas air putih saat berbuka, empat gelas air putih saat makan malam, dan dua gelas air putih saat sahur. Asupan cairan selama puasa membantu mencegah dehidrasi yang ditandai dengan rasa haus berlebih, bibir kering, pusing, dan mudah lelah.
  • Hindari konsumsi kafein saat sahur dan berbuka, termasuk minuman bersoda. Selain rentan membuat bibir kering, konsumsi kafein dan minuman bersoda saat puasa juga bisa menambah beban kerja saluran pencernaan tubuh.
  • Hindari konsumsi makanan asin dan pedas. Apa kaitannya? Makanan asin dan pedas ternyata membuat bibir semakin kering, bahkan menyebabkan tenggorokan terasa kering. Itu mengapa terlalu banyak konsumsi makanan asin dan pedas bisa membuat kamu lebih cepat haus dan dehidrasi saat puasa.
  • Perbanyak konsumsi makanan kaya vitamin dan mineral, seperti buah dan sayuran. Asam lemak omega 3 juga bisa dikonsumsi untuk mencegah bibir kering saat puasa. Makanan sumber asam lemak omega 3 antara lain ikan tuna, mackerel, dan telur ayam.
  • Oleskan madu sebelum tidur agar terhindar dari bibir kering dan pecah-pecah. Jika menyukai madu, kamu bisa mengonsumsinya sebanyak tiga sendok makan saat sahur. Selain melembapkan bibir, madu juga bisa memberikan energi tambahan bagi tubuh, menurunkan asam lambung dan kadar trigliserida, serta meningkatkan daya tahan tubuh saat puasa.

Cara Mengatasi Bibir Kering Saat Puasa

Apabila sudah dilakukan cara di atas tapi bibir tetap kering, atasi dengan cara berikut:

  • Oleskan lip balm untuk menjaga kelembapan kulit bibir. Pilih lip balm yang mengandung SPF 15 agar mendapat perlindungan tambahan dari paparan sinar UV matahari. Selain mengandung SPF, pilih juga lip balm yang kaya pelembap dan mengandung minyak alami.
  • Hindari kebiasaan menjilat bibir. Saat bibir terasa kering, kebanyakan orang refleks untuk menjilat atau membasahi bibir. Padahal, kebiasaan ini justru memperparah bibir kering dan pecah-pecah. Air liur hanya membuat bibir tampak lebih segar untuk sementara waktu. Air liur kemudian mengering, lalu sisa-sisa air yang ada di bibir akan menguap dan menggerogoti lapisan kulit bibir yang tipis. Alhasil, bibit semakin kering dan mengelupas.
  • Konsumsi makanan sumber vitamin C saat berbuka. Nutrisi ini mengandung antioksidan yang mampu mengatasi sariawan dan bibir pecah-pecah. Vitamin C banyak ditemukan pada buah jeruk, mangga, pepaya, dan sayuran hijau. Makanan lain yang bisa dikonsumsi untuk mengatasi bibir kering saat puasa adalah sumber vitamin B (seperti ikan, unggas, kacang-kacangan) dan asam lemak omega 3.

Cara untuk cegah bibir kering diatas bisa kamu implementasikan sendiri di rumah, loh!

 

Tinggalkan Balasan