Wajah Berjerawat, Harus Cuci Muka Berapa Kali?

Klinik kecantikan di Surabaya : Cuci Muka Saat Wajah Berjerawat

 

Pure Laser Clinic – Cuci muka perlu dilakukan agar kebersihan kulit terjaga. Meski begitu, sebaiknya kamu tidak mencuci muka terlalu sering. Cukup lakukan dua kali sehari menggunakan sabun yang sesuai jenis kulit. Bagaimana jika kulit sedang berjerawat? Apakah aturan cuci muka yang dianjurkan tetap sama?

Ya, Aturan Cuci Muka Saat Kulit Berjerawat Tetap Sama

Yaitu dua kali sehari, tepatnya pada pagi dan sore hari setelah beraktivitas. Hal ini bertujuan untuk mengangkat debu, kotoran, dan sel-sel kulit mati yang menempel pada kulit. Rutin mencuci muka juga membantu membersihkan kulit wajah dari minyak, sehingga mencegah timbulnya jerawat baru.

Bolehkah cuci muka lebih dari dua kali? Sebaiknya jangan dilakukan, karena terlalu sering mencuci wajah saat jerawat muncul bisa merusak lapisan asam kulit. Lapisan yang dimaksud terdiri dari minyak alami dan bakteri baik yang membantu menjaga kulit tetap sehat.

Cuci Muka Terlalu Sering Bisa Picu Kemunculan Jerawat

Terdapat banyak faktor pemicu kemunculan jerawat. Salah satunya kebiasaan mencuci muka terlalu sering. Meski baik untuk menjaga kebersihan kulit, terlalu sering cuci muka justru membuat kulit terlalu kering hingga rentan mengalami iritasi. Pada kasus tertentu, mencuci muka berkali-kali dengan sebun menyebabkan acne detergicans, yaitu kondisi ketika jerawat muncul akibat reaksi zat yang terkadung di dalam sabun.

Bahan kimia tersebut berpotensi membunuh bakteri baik di dalam kulit. Sebab seringkali, bahan kimia pada sabun atau produk pembersih muka lain sulit membedakan mana bakteri baik dan bakteri jahat. Jadi, selain waktu cuci muka yang perlu diperhatikan, kamu juga perlu memastikan produk yang digunakan sesuai jenis kulit atau tidak menimbulkan iritasi pada kulit.

Selain cuci muka terlalu sering, jerawat rentan muncul akibat faktor hormonal (terutama pada fase PMS), stres jangka panjang, pola makan kurang sehat, paparan radikal bebas, hingga ketidakcocokan dengan produk perawatan kulit tertentu.

Atasi Kulit Berjerawat di Klinik Kecantikan

Selain mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat, kamu dianjurkan untuk mengganti sabun pembersih muka jika mengalami iritasi kulit setelah menggunakannya. Tanda iritasi biasanya berupa kulit kemerahan, kulit gatal, serta beruntusan dan jerawat pada kulit. Sebaiknya cari sabun pembersih muka yang mengandung pelembap sehingga mampu membantu menenangkan kulit yang sedang berjerawat.

Jika jerawat tak kunjung membaik, segera pergi ke klinik kecantikan di Surabaya seperti Pure Laser Clinic untuk mendapat perawatan khusus kulit berjerawat. Pure Laser Clinic merupakan klinik kecantikan di Surabaya dan di Jakarta yang menyediakan perawatan Photo Laser dan Photo Shower yang mampu mengurangi bakteri-bakteri penyebab jerawat serta membuat kulit tampak lebih bercahaya. Alhasil, perawatan Photo Laser dan Photo Shower bisa membuat kulit bebas dari berbagai masalah kulit sehingga kulit kamu tampak lebih bercahaya dan glowing!

Tinggalkan Balasan