Tips Rawat Kulit untuk Cegah Maskne, Jerawat Akibat Pakai Masker

klinik kecantikan di Jakarta – Tips Merawat kulit wajah ketika menggunakan masker setiap hari agar tidak terkena masalah kulit

 

Pure Laser Clinic – Pandemi COVID-19 mengharuskan semua orang untuk terus menggunakan masker. Jika dilakukan secara tidak tepat, kebiasaan baik ini justru dapat menyebabkan masalah kulit seperti jerawat dan komedo. Kondisi ini disebut dengan maskne, yang merupakan singkatan dari mask acne, biasanya muncul di area yang tertutup oleh masker seperti dagu, hidung, atau pipi bagian bawah.

Sama seperti jerawat pada umumnya, kondisi ini dapat mengganggu penampilan dan menimbulkan bekas jerawat. Ketahui informasi lengkap tentang penyebab dan cara mencegah maskne di sini.

Penyebab munculnya jerawat saat pakai masker

Maskne terjadi karena kulit Kamu bergesekan dengan masker dalam waktu lama. Hal ini memicu iritasi dan peradangan kulit hingga muncul jerawat. Ditambah lagi kondisi lembap di dalam masker saat Kamu berbicara dan menghela napas saat menggunakan masker. Akibatnya, kuman dan bakteri lebih mudah berkembang biak.

Penyebab lainnya adalah penggunaan masker yang tidak tepat. Misalnya, Kamu memakai masker yang sama berulang kali tanpa membuang (jika masker bedah) atau mencucinya (jika masker kain). Bahkan mencuci masker kain asal-asalan juga bisa memicu jerawat, lho.

Tips cegah jerawat akibat penggunaan masker

Lakukan langkah-langkah berikut agar kulit wajah Kamu bebas dari maskne meskipun harus menggunakan masker seharian.

1. Pakai pelembab dan hindari make-up berlebihan

Kamu disarankan untuk menggunakan pelembap dan tabir surya (minimal SPF 30) sebelum menggunakan masker. Pelembap dapat menjadi pelindung kulit Kamu dari potensi gesekan masker ke kulit. Sementara tabir surya dapat melindungi kulit Kamu (terutama bagian dahi) dari paparan sinar UV matahari. Sebaiknya hindari penggunaan make-up berlebihan saat hendak memakai masker untuk mencegah tersumbatnya pori-pori penyebab munculnya jerawat.

2. Gunakan masker secara tepat

Lepas masker sesekali (misalnya, 15 menit setiap 4 jam) untuk mengistirahatkan kulit Kamu. Pastikan untuk memilih tempat yang jauh dari keramaian saat melepaskan masker. Buang masker setelah dipakai kecuali jika Kamu menggunakan masker kain yang bisa digunakan berkali-kali. Masker kain sebaiknya langsung dicuci dengan air panas setelah digunakan untuk membunuh kuman yang menempel pada permukaan kain.

3. Bawa masker cadangan

Tidak ada salahnya untuk membawa masker cadangan setidaknya satu saat bepergian. Hal ini memudahkan Kamu untuk mengganti masker yang sedang dipakai jika kotor atau perlu diganti.

3. Cuci muka setelah pakai masker

Segera bersihkan wajah setelah Kamu pulang ke rumah dan melepaskan masker. Gunakan pembersih wajah sesuai dengan jenis kulit, bilas wajah dengan air, dan keringkan. Setelahnya Kamu bisa menggunakan pelembap untuk melindungi kulit.

4. Perawatan di klinik kecantikan

Ada baiknya untuk Kamu rutin melakukan perawatan di Klinik Kecantikan di Jakarta agar kesehatan kulit selalu terjaga selama pandemi COVID-19. Photo Laser & Comedone Facial bisa Kamu pilih untuk menjaga kulit dari komedo, bakteri, kotoran penyebab jerawat dan masalah kulit lainnya. Perawatan kulit lainnya adalah Photo Shower & Serum Infusion untuk mencerahkan wajah, meremajakan dan menyegarkan kulit Kamu.

Kunjungi Pure Laser Clinic, Klinik Kecantikan di Jakarta. Banyak promo menarik khusus untuk Kamu yang ingin melakukan perawatan Photo Laser & Comedone Facial maupun Photo Shower & Serum Infusion. Lebih hemat dengan pembelian paket. 

 

Ingin konsultasi terlebih dahulu dengan dokter kecantikan Pure Laser Clinic? Bisa dan gratis lho. Yuk reservasi sekarang!

Tinggalkan Balasan